10 Daerah di Aceh Terendam Banjir Akibat Cuaca Buruk Selama Sepekan

  • Whatsapp

Kabarsiana.com, BANDA ACEH – Hujan deras dengan intensitas tinggi yang melanda Aceh sejak sepekan terakhir, telah mengakibatkan sejumlah desa di 10 kabupaten/kota di Acehterendam banjir dengan ketinggian air mencapai 1,5 meter.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Sunawardi, mengatakan akibat faktor cuaca buruk itu hampir seluruh Aceh mengalami dampak.

Bacaan Lainnya

“Tapi yang paling terdampak menimbulkan masalah akibat intensitas hujan tinggi terjadi di Aceh Tenggara, Pidie Jaya, Aceh Besar, Aceh Barat, Aceh Selatan, Banda Aceh, Singkil, Subulussalam, Bireueun, dan Sabang,” kata Sunawardi saat dikonfirmasi, Senin (11/5).

Dari sejumlah daerah itu warga yang terpaksa mengungsi akibat banjir, tercatat hanya di Aceh Besar dan Banda Aceh. Sementara di wilayah lainnya banjir hanya berlangsung sesaat.

“Berdasarkan laporan petugas BPBD di lapangan tercatat sebanyak 2.500 jiwa terpaksa mengungsi akibat banjir,” ujarnya.

Sunawardi mengatakan, petugasnya di lapangan telah melakukan berbagai langkah evakuasi membantu para korban terdampak, dan membantu dinas terkait menyiapkan sarana pengungsian, serta bantuan masa panik.

“Upaya evakuasi, membantu Dinas Sosial untuk sarana pengungsian dan bantuan masa panik,” ucapnya.

Selain banjir cuaca buruk yang melanda provinsi ujung barat Indonesia itu, juga mengakibatkan longsor di sejumlah titik seperti Aceh Besar, Gayo Lues, dan beberapa daerah lainnya. Serta peristiwa angin kencang yang mengakibatkan 11 rumah rusak di kecamatan Pulo Aceh, Aceh Besar.

Dalam musibah diketahui juga ikut merenggut nyawa seorang balita berusia 3 tahun di Bireueun, ia meninggal dunia karena terseret arus banjir sejauh 1 kilometer dari rumahnya dan ditemukan tidak bernyawa.

“Korban saat peristiwa tersebut sedang mengambil kelapa di depan rumah luput dari perhatian dari orang tuanya, korban tiba – tiba terpeleset dan terjatuh ke sungai,” kata Sunawardi.

Selain itu banjir yang melanda kawasan Lhoknga, Aceh Besar, bocah berusia 6 tahun warga Desa Gampong Kueh, dilaporkan juga meninggal dunia akibat terpeleset dan jatuh ke sawah yang tergenang banjir. (*/kpr)

Pos terkait