10 Kabupaten dengan Daratan Terkecil di Indonesia

  • Whatsapp

NEGARA kita Indonesia adalah salah satu negara besar di dunia, masuk ke dalam 15 negara terluas di dunia, dengan luas 1.990.250 km2. Negeri ini membentang dari Sabang di Provinsi Nangroe Aceh Darussalam sampai Merauke (Papua) dengan “anggota” 13,487 pulau, 34 Propinsi, 410 Kabupaten, 98 Kota.
Dari 410 Kabupaten yang ada tersebut, tentunya masing-masing mempunyai keragaman dan potensi, termasuk juga luasnya, dari yang terbesar sampai terkecil baik itu penduduk, ekonomi dan lain sebagainya .

Tahukah anda apa saja 10 kabupaten yang paling kecil luas daratannya di Indonesia? Di mana mereka? Inilah mereka;

Bacaan Lainnya

1. Kabupaten Klungkung, Bali (315,554 km2)
Inilah kabupaten dengan luas daratan terkecil di Indonesia. Kabupaten yang terletak di Propinsi Bali ini merupakan kabupaten yang luas wilayahnya juga terkecil se-Propinsi Bali. Ber-Ibu Kota di Semarapura.

2. Kabupaten Gianyar, Bali (369,903 km2)
Masih di Pulau Dewata, urutan kedua ditempati oleh Kabupaten Gianyar, dengan ibu kota di Gianyar

3. Kabupaten Badung, Bali (394,637 km2)
Lagi-lagi di urutan ketiga juga dari Pulau Dewata yaitu Kabupaten Badung, dengan ibu kota di Mengwi, kabupaten ini langsung berbatasan dengan Kota Denpasar. Obyek wisata di Bandung yang terkenal antara lain Pantai Kuta, Jimbaran, Nusa Dua serta Patung GWK atau Garuda Wisnu Kencana.

4. Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan (407,443 km2)
Kabupaten Bantang di Propinsi Sulawesi Selatan, juga merupakan kabupaten terkecil se-Pulau Sulawesi. Ibu kotanya terletak di Bantaeng. Bantaeng adalah pusat pembuatan kapal orang Bugis dengan reputasi yang terkenal selama ratusan tahun.

5. Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (422,334 km2)
Kabupaten yang terkenal dengan menara mesjid Sunan Kudus dan Soto Kudus nya ini merupakan kabupaten terkecil se-Pulau Jawa. Tempat bermukimnya salah satu wali sanga yaitu Sunan Kudus ini ber-ibu kota di Kudus. Kabupaten ini juga terkenal karena adanya pabrik rokok besar yaitu Djarum.

6. Kabupaten Bantul, Yogyakarta (489.263 km2)
Wilayah ini pada tahun 2006 merupakan salah satu yang terkena dampak dahsyat Tsunami Yogyakarta, di sini pula terletak Pantai Parangtritis yang terkenal. Kabupaten Bantul sendiri, ber-ibu kota di Bantul.

7. Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah (509,648 km2)
Terletak di bagian timur Propinsi Jawa Tengah, dengan ibu kota Sukoharjo. Kabupaten ini terkenal dengan kulinernya yaitu welut goreng, selain itu juga dikenal sebagai salah satu sentra pengrajin gamelan jawa.

8. Kabupaten Bangli, Bali (528,4 km2)
Salah satu kabupaten di Propinsi Bali ini juga terkenal dengan kerajinan khas bambunya. Ibu kotanya terletak di Bangli. Kabupaten ini juga unik karena satu-satunya kabupaten yang tidak memiliki pantai di Bali, namun mempunyai Gunung Batur yang terkenal namanya.

9. Kabupaten Sleman, Yogyakarta (567.424 km2)
Siapa yang tidak kenal Gunung Merapi dan almarhum Mbah Marijan sebagai “juru kuncinya”, di kabupaten inilah terletak Gunung Merapi bagian selatan. Pada letusan tahun 2011 lalu, kawasan ini terkena dampak langsung yang memakan korban. Ibu kotanya di Sleman.

10. Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta (613,001 km2)
Kembali dari “Ngayogyakarta”, urutan kesepuluh ditempati oleh Kulon Progo, kabupaten yang ibu kotanya di Wates ini juga terkenal karena dilewati oleh Kali Progo yang mengalir ke arah pantai selatan jawa. Salah satu camilan terkenal dan khas wilayah ini adalah Besengek Tempe Benguk. ***

Pos terkait