10 Orang di Kapal Pesiar yang Dikarantina Jepang Positif Virus Corona

  • Whatsapp

Kabarsiana.com, TOKYO – Jepang mengkarantina kapal pesiar Diamond Princess usai salah satu penumpang yang berangkat dari Hong Kong terjangkit virus corona. Akibatnya, 3.711 penumpang tidak boleh turun di Pelabuhan Yokohama untuk menjalani tes medis pada Selasa (5/2).
Rabu (5/2), hasil tes sementara menunjukkan 10 penumpang positif virus corona. Menteri Kesehatan Jepang, Katsunobu Kato, menyatakan hasil itu merupakan spesimen lebih dari 200 orang yang dikumpulkan.
“Sekitar pukul 07.30, Selasa, waktu setempat, kami menyatakan mereka (10 dinyatakan positif) sebelum turun dari kapal, dan kami bekerja sama dengan penjaga pantai untuk mengirim kesepuluh orang tersebut ke organisasi kesehatan,” ujar Katsunobu dilansir AFP, Selasa (5/2).
Satu penumpang asal Hong Kong itu sebelumnya turun dari kapal pada 25 Januari. Jepang memutuskan untuk mengkarantina kapal pada Sabtu (1/2) lalu dan Selasa.
Karantina kedua dilakukan setelah penumpang yang berangkat dari Hong Kong tersebut menunjukkan gejala virus corona. Mereka diminta untuk tetap di kamar sambil menunggu tes virus.
Total jumlah pasien virus corona di Jepang mencapai 30 orang. Tiga di antaranya merupakan warga Jepang yang dievakuasi dari Wuhan, China.
Angka kematian akibat virus corona per Rabu di China mencapai 490 orang. Lebih dari 24.000 orang terjangkit virus mematikan asal Wuhan tersebut. (*/kmp)

Pos terkait