Covid-19 “Gerogoti” Keperkasaan Kaum Pria ?

  • Whatsapp

Kabarsiana.com, BERLIN – Sinyal bahaya bagi kaum pria, dimana virus corona disinyalir bisa menggerogoti keperkasaan mereka. Sebab dari sebuah penelitian, virus itu tidak saja dapat memperpendek usia, pun juga menyebabkan peningkatan kematian sel sperma.

“Temuan ini memberikan bukti eksperimental pertama, bahwa sistem reproduksi pria dapat menjadi sasaran yang dirusak oleh Covid-19,” ujar para peneliti dalam kesimpulannya, dikutip kembali laman Channel News Asia, Jumat (29/1).

Bacaan Lainnya

Dua orang peneliti, Behzad Hajizadeh Maleki dan Bakhtyar Tartibian dari Justus Liebig University di Jerman, mencoba melakukan studi dengan mencari penanda biologis yang mungkin menunjukkan dampak negatif virus corona pada kesuburan.

Analisis dilakukan dengan interval 10 hari selama 60 hari pada 84 pria yang positif terinfeksi Covid-19, dibandingkan dengan data pada 105 pria sehat. Hasilnya pun didapatkan, bahwa pada pasien Covid-19 sel sperma menunjukkan peradangan dan stres oksidatif yang meningkat signifikan, serta ketidakseimbangan kimiawi yang dapat merusak DNA dan protein dalam tubuh.

Namun, sebagian ahli mengomentari penelitian tersebut dan mengatakan kapasitas virus corona untuk mengganggu kesuburan pada pria masih belum cukup terbukti. Covid-19 sejauh ini diketahui menyebabkan penyakit pernapasan, terutama pada orang tua dan mereka yang memiliki masalah kesehatan mendasar.

Pos terkait