Daan Mogot dan Sejarah Pertempuran Lengkong

  • Whatsapp

ORANG-ORANG yang tinggal dan rajin wara-wiri di Jakarta Barat dan Tangerang, Banten, pasti kenal nama Jalan Daan Mogot. Jalan sepanjang 27,5 km ini melintasi 13 kelurahan. Mulai dari Sukarasa, Tanah Tinggi, Batuceper, Kebon Besar, Kalideres, Cengkareng Barat, Cengkareng Timur, Kedaung Kali Angke, Wijaya Kusuma, Kedoya Utara, Duri Kepa, Jelambar, Tanjung Duren Utara.

Sedari zaman Soeharto, jalan ini cukup ramai. Usia jalan ini lebih panjang ketimbang usia pemuda yang namanya diabadikan menjadi nama jalan ini. Elias Daniel Mogot, alias Daan Mogot,

Bacaan Lainnya

jelas bukan asli Tangerang atau Jakarta Barat. Ada dua orang Manado terkenal dengan nama Daan Mogot, yakni Daan Mogot yang terlibat dalam Permesta dan satu lagi Daan Mogot yang gugur di Lengkong di awal Revolusi Indonesia. Daan Mogot kedua inilah yang namanya diabadikan menjadi nama jalan.

Menurut Bode Talumewo, sejarawan Manado yang mendalami budaya Manado bertahun-tahun dan menulis Pahlawan Minahasa Mayor Daan Mogot (2007), Daan lahir di Manado pada 28 Desember 1928.

Sementara menurut Adrianus Kojongian, sejarawan dan jurnalis asal Sulawesi Utara, ayah Daan, Nicolaas Fredrik Mogot alias Nico Mogot, pernah menjabat Hakim Besar, yang memimpin sebuah distrik di Amurang dan Ratahan.

Pos terkait