AK Gani, Sang Penyelundup Penyelamat Republik Indonesia

  • Whatsapp

NAMA Adnan Kapau Gani atau biasa disapa AK Gani, memang tak segemerlap nama pahlawan lainnya. Sebut saja Soekarno, Hatta, Agus Salim, M Yamin dan sebagainya. Namun, cerita epik tentang seorang AK Gani, justru melahirkan sebuah inspirasi yang gemilang. Karena, AK Gani melakukan kegiatan yang tak biasa pada eranya.

Dimana AK Gani melakukan kegiatan penyelundupan, namun yang berfikiran negatif. Hal itu terpaksa dilakukannya demi menyelamatkan Indonesia dari embargo Belanda di awal kemerdekaan.

Bacaan Lainnya

Setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, bukan berarti situasi langsung enak. Belanda berniat kembali lagi menguasai Indonesia. Lewat Agresi Militer, mereka menguasai sebagian besar Pulau Jawa, Sumatera dan wilayah lain. Ibukota RI terpaksa dipindah ke Yogya.

Belanda memblokade seluruh pelabuhan dan lapangan udara. Mereka ingin membuat perekonomian republik muda ini hancur dan kelaparan.

Tapi aksi berani AK Gani dan sejumlah orang-orang berani lainnya menembus blokade militer Belanda pantas diacungi dua jempol. Risikonya sangat besar, pesawat atau kapal yang coba melewati blokade akan langsung ditembak jatuh atau ditenggelamkan. Paling ringan ditangkap dan seluruh muatan yang berharga disita Belanda.

Pertama, Gani menyelundupkan minyak-minyak mentah, dan hasilnya digunakan untuk membiayai birokrasi pemerintahan, termasuk melengkapi senjata militer. Tujuannya buat berjaga-jaga, bersiap menghadapi kemungkinan Belanda menyerang lagi.

Pos terkait