3 Negara Kepulauan Terkecil di Dunia

  • Whatsapp

SIAPA yang tak kenal Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) atau yang kerap di sapa Indonesia. Negara yang terdiri dari gugusan pulau-pulau, dinobatkan sebagai negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17. 504 pulau. Negara yang kaya akan budaya, bahasa san sumber daya alamnya. Bahkan jumlah penduduk Indonesia pada tahun 2018 tercatat 270.059.853 juta jiwa. Negara dengan jumlah populasi terbesar keempat di dunia. Soal keindahan alam Indonesia tak diragukan, Indonesia adalah kepingan surga yang jatuh ke dunia. Maka tak khayal jika sedari dulu hingga sekarang dipuja-puja bangsa.

Namun kita tinggalkan sejenak Indonesia dengan segala keindahannya ke 3 negara kepulauan terkecil di Dunia dan juga indah. Dan menurut penulis nama ketiga negara ini pasti sangat asing ditelinga pembaca.

Bacaan Lainnya

1. Republic of Marshall Islands

Negara kepulauan satu ini memiliki luas 181 km persegi dengan ibu kota negaranya Majuro. Negara ini menggunakan mata uang USD. Negara yang merdeka dari Amerika Serikat pada 1986, dengan menandatangani Compact of Free Association, sebuah perjanjian Internasional yang menetapkan dan mengatur hubungan asosiasi bebas antara Amerika Serikat dengan & 3 Negara Kepulauan Pasifik.

Letak Negara Marshall Islands berada di tengah Samudera Pasifik, dengan populasi 53.160 ribu jiwa. Nama Negara ini diambil dari kapten Inggris, John Marshall sebagai penemu pulau, pada 1788.

2. Tuvalu

Negara kepualauan paling kecil selanjutnya di dunia menurut penulis jatuh kepada Tuvalu, dengan luas hanya nencapai 26 km persegi, Negara Tuvalu terletak di timur laut Australia dengan jumlah populasi penduduk habya 11. 270 ribu jiwa, Tuvalu mendapatkan kemerdekaan dari Inggris pada 1978. Tuvalu memiliki mata uang resminya sendiri untuk bertransaksi yaitu “Ruvalu Dollar”. Sangkin kecilnya, negara ini tidak memiliki sungai, sumber mata air berasal dari sumur dan tampungan air hujan.

Tuvalu diprediksi oleh PBB meungkin menghilang di bawah laut pada abad ke 21, karena pemanasan global. Hem, kasihan ya kalau sampai terjadi, mau mengungsi kemana warga negara serta pemerintahannya pun akan ikut tenggelam.

3. Saint Kitts & Nevis

Negara kepulauan terkecil yang terakhir adalah Saint Kitts & Nevis. Negara yang memiliki luas 261 KM persegi, dengan jumlah populasi penduduk hanya mencapai 55.764 ribu jiwa. Negara ini mendapatkan kemerdekaannya dari Inggris, pada 1983.
Mata uang yang berlaku di Negara Kepulauan ini adalah Eastern Caribbean dollar (EC$). Sejarah mencatat bahwa pada 1498, Jegara Kepaulauan ini ditemukan oleh Columbus. Bagaiamana berminat menjadi warga negara Saint Kitts & Nevis? Caranya mudah, dengan memberikan sumbangan USD 250.000 untuk Yayasan Diversifikasi Industri gula St Kitts & Nevis atau USD 400.000 dibidang rumah. Cukup mudah bukan. ***

Pos terkait