3 Patung Perunggu India Segera Dikembalikan Setelah Dicuri 40 Tahun

  • Whatsapp

Kabarsiana.com, LONDON – Tiga patung perunggu yang dicuri dari kuil India lebih dari 40 tahun yang lalu akan segera dikembalikan ke negara asalnya setelah terlihat dijual di Inggris.

Dalam pernyataan yang dilansir AP, polisi Inggris mengatakan bahwa patung-patung itu diambil dari sebuah kuil di Distrik Tanjavur pada 1978. Meskipun pencurinya dihukum di India, patung-patung itu hilang selama empat dekade berikutnya.

Bacaan Lainnya

Tahun lalu Komisi Tinggi India memberi tahu Scotland Yard mengenai dealer Inggris yang menawarkan salah satu patung itu untuk dijual.

Polisi mengatakan dealer itu telah membeli patung tersebut dengan itikad baik dan tidak ada tindak pidana yang dilakukan. Dealer itu setuju untuk mengirim patung tersebut kembali ke India, dan juga mengidentifikasi dan menyerahkan dua patung lainnya yang juga hilang dicuri pada 1978.

“Begitu dia tahu bahwa mereka telah dicuri, dia segera menyadari bahwa mereka harus kembali ke India,” kata Inspektur Kepala Detektif Tim Wright dari Kepolisian Metropolitan Inggris.

Dia mengatakan patung-patung itu penting secara historis dan juga penting secara religius. (*/dka)

 

Pos terkait