33 Petugas Penyelamat Meninggal Tertimbun Longsoran Salju

  • Whatsapp

Kabarsiana.com, BAHCESARAY  – Sebanyak 33 petugas penyelamat meninggal dunia dan 53 lainnya luka-luka setelah longsoran salju kedua yang turun di jalan gunung di Turki timur. Petugas dikirim untuk mengevakuasi korban longsor yang hilang saat badai salju yang terjadi sebelumnya.

Dilansir dari The Guardian, Kamis (6/2), sebelumnya pada hari pertama longsor, Selasa (4/2), 300 pekerja layanan darurat didatangkan ke kota Bahçesaray, dalam situasi tersebut lima orang petugas meninggal dan dua orang hilang.

Bacaan Lainnya

Longsoran kedua yang terjadi pada hari Rabu (5/20) meningkatkan jumlah kematian secara keseluruhan menjadi 38 orang.

Tim penyelamat dikejutkan oleh longsoran salju kedua pada Rabu sore. Badan penanganan darurat dan bencana Turki, AFAD, mengatakan 33 mayat telah ditemukan di dalam tumpukan salju di lereng curam.

Gubernur provinsi Van, Mehmet Emin Bilmez, mengatakan delapan perwira polisi militer, tiga penjaga desa yang dibayar pemerintah, tiga petugas pemadam kebakaran dan sembilan relawan termasuk di antara yang tewas.

30 pekerja darurat lainnya berada di rumah sakit setelah diselamatkan dari tumpukan salju atau pada hari Rabu (5/2), kata kementerian dalam negeri Turki dan tidak ada informasi lebih lanjut tentang kondisi mereka.

Kepala operasi AFAD di provinsi Van, Osman Ucar, termasuk di antara mereka yang terluka. “Saya setengah terkubur, kemudian diseret bersama dengan sebuah excavator yang di gulingkan oleh salju yang sedang meluncur” katanya ketika masih berada di tempat tidur rumah sakit.
Longsoran pertama mengubur kendaraan pembersih salju dan minibus yang membawa tujuh penumpang. Kantor berita Anadolu mengatakan pengemudi, Bahattin Karaguülle, terjebak di bawah salju selama 25 menit sebelum dia berhasil memecahkan jendela dan melarikan diri. Dia mengatakan kepada agensi bahwa dia berjalan menuju sebuah desa untuk mendapatkan bantuan sebelum dijemput. (*/bb)

Pos terkait