36 Lukisan Emas Milik Tersangka Korupsi Asabri Disita Penyidik

  • Whatsapp

Kabarsiana.com, JAKARTA – Satu demi satu aset para tersangka kasus Asabri mulai disita tim penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung (Kejakgung). Setelah menyita aset berupa tanah, rumah. mobil dan kapal beberapa waktu lalu, kembali disita sebanyak 36 keping lukisan berlapis emas.

Lukisan itu disita dari tersangka Jimmy Sutopo pada Kamis (4/3). Penyitaan tersebut dilakukan dalam penyidikan terkait dengan dugaan korupsi PT Asuransi Angkatan Bersenjata Republika Indonesia (Asabri) yang merugikan keuangan negara senilai Rp 23,7 triliun.

Bacaan Lainnya

Kepala Pusat Penerangan dan Hukum (Kapuspenkum) Kejakgung Leonard Ebenezer Simanjutak menerangkan, penyitaan lukisan-lukisan mahal tersebut dilakukan saat proses penggeledahan yang dilakukan penyidik di lima titik di Jakarta.

“Salah satu hasil penggeledahan, ditemukan lukisan berlapis emas yang diduga hasil dari kejahatan tindak pidana korupsi dan pencucian uang (TPPU) yang dilakukan oleh tersangka JS (Jimmy Sutopo),” kata Ebenezer dalam keterangan resmi, Kamis (4/3).

Jimmy Sutopo, satu dari sembilan tersangka dalam penyidikan korupsi PT Asabri. Bos dari PT Jakarta Emiten Investor Relationship itu, sementara ini, menjadi satu-satunya tersangka yang juga dijerat menggunakan pasal-pasal TPPU dalam penyidikan Asabri.

Pos terkait