5 dari 7 Kota di Sumatera Barat Masuk Kategori Mungil

  • Whatsapp

SUMATERA Barat yang berada di Pulau Sumatera Barat, ternyata tidak saja termasuk provinsi dengan ukuran luas yang masuk kategori kecil. Namun ternyata, dari 7 kota yang ada di daerah itu, lima diantaranya masuk dalam kategori kota terkecil atau berukuran mungil di Indonesia.

Kota Padangpanjang dan Kota Bukittinggi, malah masuk dalam lima besar kota dengan ukuran luas yang minimalis di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Mari kita lihat datanya :

1. Padang Panjang (19,89 KM Persegi)
Dijuluki sebagai Kota Serambi Mekkah dan Mesir van Andalas, kota ini merupakan kota terkecil di wilayah Sumatra Barat.

Padang Panjang dulunya pernah menjadi pusat pemerintahan sementara Kota Padang saat dikuasai oleh Belanda pada masa agresi militer tahun 1947.

2. Bukittinggi (25,24 KM Persegi)
Meskipun memiliki luas yang tak seberapa, kota yang satu memiliki prestasi sebagai kota dengan perekonomian terbesar kedua di Provinsi Sumatra Barat.

Selain itu, Bukittinggi juga pernah menjadi ibu kota Indonesia sementara pada masa Pemerintahan Darurat Republik Indonesia.

3. Solok (57,64 KM Persegi)

Berada di sebelah timur Kota Padang, daerah ini merupakan pemekaran dari Kabupaten Solok. Kota Solok sendiri terkenal dengan produksi berasnya. Daerah ini dialiri oleh Batang Lembang yang mengilir dari Kabupaten Solok dengan muara di Danau Singkarak

Kota Solok sendiri, sampai sekarang hanya terdiri dari dua kecamatan yaitu Lubuk Sikarah dan Tanjung Harapan dengan 13 kelurahan.

4. Pariaman (73,54 KM Persegi)

Jika Kota Solok berada di timur Kota Padang, maka Kota Pariaman berada di utara ibu kota Sumatera Barat itu. Serupa dengan Kota Solok, Kota Pariaman yang terkenal dengan Pantai Gandoriah-nya ini, juga merupakan pemekaran dari daerah induk Kabupaten Padang Pariaman.

5. Payakumbuh (80,43 KM Persegi)

Kota Payakumbuh berada dalam lingkungan Luhak nan Bongsu, Kabupaten Lima Puluh Kota. Jika luas Kota Padangpanjang dan Bukittinggi digabung dan dikalikan dua, maka luasnya hanya sedikit lebih luas dari Kota Payakumbuh.

Payakumbuh dikenal juga dengan sebuatn Kota Botiah, di sini terdapat kawasan wisata Ngalau dan Batang Tobik. ***

Pos terkait