5 Gunung Api Paling Aktif di Dunia

  • Whatsapp

PADA 17 Maret 1963, salah satu letusan gunung paling dahsyat terjadi. Hari itu, Gunung Agung meletus, usai tertidur panjang selama 120 tahun sejak letusan terakhirnya pada tahun 1821.

Letusan pada 1963 itu menjadi salah satu letusan yang paling dahsyat. Tak cuma dalam skala nasional, namun juga dalam skala internasional. Bahkan, letusan itu disebut sebagai salah satu letusan paling dahsyat di abad-20. Akibat letusan itu, 1.400 jiwa melayang dan melukai hampir 300 orang.

Bacaan Lainnya

Sebagai salah satu gunung api paling aktif di dunia, Gunung Agung memiliki sejarah panjang letusan. Lalu, dimanakah letak gunung-gunung api paling aktif di dunia? Berikut rangkumannya :

1. Gunung Santa Maria, Guatemala

Letusan Gunung Santa Maria pada tahun 1902 menjadikan gunung di wilayah Kota Quetzaltenango sebagai gunung api paling dikenal dunia. Letusan Gunung Santa Maria ketika itu menjadi satu dari lima letusan gunung api terbesar dalam kurun waktu 200 tahun kebelakang.

Bahkan, letusan Gunung Santa Maria kala itu disebut-sebut sebagai salah satu dari empat letusan gunung api terbesar pada abad-20, setelah letusan Gunung Pelee di Martinique dan Gunung Soufriere di St. Vincent.

Pos terkait