7.240 Rumah Rusak Akibat Gempa di Majene

  • Whatsapp
Gempa di Majene

Kabarsiana.com, MAJENE – Total sebanyak 7.240 unit rumah, mengalami kerusakan akibat gempa berkekuatan 6,2 magnitudo pada 15 Januari lalu. Jumlah itu, menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat, berdasarkan pendataan tahap kedua.

“Berdasarkan hasil pendataan tahap kedua, tercatat 7.240 rumah di tiga kecamatan yang rusak akibat gempa,” kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Majene Ilhamsyah, pada rapat koordinasi lanjutan penanganan masa transisi pemulihan pascagempa Majene, Selasa (9/2).

Bacaan Lainnya

Dia mengatakan, perlunya didirikan posko komando di masa transisi darurat tersebut. “Saat ini perlu dibangun posko komando, apakah akan dipusatkan di Kantor BPBD Majene atau di lokasi lainnya. Selain itu dari hasil identifikasi masalah di lokasi pengungsian, hal yang sangat dibutuhkan, yaitu ketersediaan MCK, sarana pembuangan sampah termasuk persoalan gizi anak,” terang Ilhamsyah.

Sementara, Juru Bicara Satgas Transisi Darurat ke Pemulihan Pascagempa Majene Sirajuddin berharap, untuk pendataan tahap ketiga tidak akan ada lagi yang tersisa atau secara keseluruhan telah terakomodir untuk disampaikan ke BNPB.

Ia juga mengusulkan agar proses pemulihan trauma masyarakat perlu menggandeng pihak BMKG untuk memberikan pemahaman ke masyarakat dengan kondisi dan potensi bencana lainnya.

Pos terkait