734 WNI di Luar Negeri Positif Virus Corona, 327 Sembuh, 41 Meninggal

  • Whatsapp

Kabarsiana.com, JAKARTA – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan sebanyak 734 warga negara indonesia (WNI) di luar negeri hingga yang terpapar virus corona.

“321 masih dalam perawatan 372 orang telah sembuh dan 41 meninggal dunia. Mereka ini berasal atau tinggal di 33 negara dan teritori dan juga berasal dari 20 kapal pesiar,” kata Retno saat pengarahan rutin Gugus Tugas Virus Corona, Senin (11/5).

Bacaan Lainnya

Ia menyampaikan seluruh perwakilan Republik Indonesia terus melakukan koordinasi dengan otoritas atau teritori setempat guna memastikan semua WNI yang terpapar mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak sesuai situasi dan peraturan setempat.

Guna meringankan WNI yang paling terdampak, dan yang paling memerlukan, maka pemerintah Indonesia melakukan dan akan terus memberikan bantuan sembako dan bantuan kebutuhan kesehatan lain seperti masker, hand sanitizer, desinfektan kepada para WNI.

Retno Marsudi menjelaskan sebanyak 72.966 warga negara Indonesia (WNI) telah kembali ke Indonesia dari Malaysia.

Ia mengatakan kepulangan para WNI berlangsung sejak 18 Maret-10 Mei karena dampak pemberlakuan Perintah Pengawalan Pergerakan (PKP atau MCO.

“Saat ini 72.966 WNI kembali [dari Malaysia] ke indonesia melalui jalur laut 65 persen, darat 20 persen, udara 15 persen,” ujar Retno.

Ia menambahkan 14.244 anak buah kapal (ABK) Indonesia telah kembali ke Tanah Air. “Mereka kembali dari udara melalui bandara Soekarno-Hatta dan ngurah rai, dan pelabuhan Benoa dan Tanjung Priok.

Kemlu juga mencata ada kepulangan WNI dari Arab Saudi (992), Kuwait (164), Aljazair (191) dan, kairo, Mesir (75), kata Menlu Retno. (*/fzy)

Pos terkait