Ada Apa Nih, 17 Negara Tiba-tiba Minta “Suaka” ke PBB

  • Whatsapp
Ada Apa Nih, 17 Negara Tiba-tiba Minta "Suaka" ke PBB

Kabarsiana.com, WASHINGTON  – Sebanyak 17 negara, termasuk China, Rusia, Korea Utara, dan Iran, sedang mencari dukungan koalisi untuk mempertahankan Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dengan mendorong kembali penggunaan atau ancaman kekerasan dan sanksi sepihak.

Ke-17 negara tersebut adalah Aljazair, Angola, Belarus, Bolivia, China, Kamboja, Korea Utara, Kuba, Iran, Eritrea, Laos, Nikaragua, Palestina, Rusia, Saint Vincent dan Grenadines, Suriah dan Venezuela.

Bacaan Lainnya

Dilansir dari Reuters pada Jumat (12/3), langkah pembentukan kelompok negara tersebut dilakukan saat pemerintahan baru Presiden Amerika Serikat Joe Biden meningkatkan keterlibatan multilateral, serta mengubah pendekatan sepihak yang dilakukan mantan Presiden Donald Trump kepada negara sekutu.

Biden juga berjanji untuk menghadapi China di PBB terkait dengan dorongan pengaruh global yang lebih besar sebagai tantangan bagi kepemimpinan tradisional AS.

Sebuah catatan konsep untuk “Kelompok Teman dalam Mempertahankan Piagam PBB,” yang dilihat oleh Reuters, menyatakan bahwa multilateralisme “saat ini berada di bawah serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya, yang pada gilirannya mengancam perdamaian dan keamanan global.”

Namun, seorang diplomat senior Eropa, yang berbicara tanpa menyebut nama, menjawab: “Orang-orang yang disebut sebagai teman ini adalah orang-orang yang telah melakukan paling banyak untuk melanggar piagam. Mungkin mereka harus mulai dengan menghormati hak asasi manusia dan kebebasan fundamental di negara mereka sendiri.”

Pos terkait