AHY Lampaui RK dan Sandiaga Uno di Survei LP3ES

  • Whatsapp

Kabarsiana.com, JAKARTA – Lembaga Penelitian, Pendidikan, dan Penerangan Ekonomi (LP3ES) menyampaikan hasil survei terkait preferensi masyarakat terhadap tokoh potensial dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Nama Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto masih berada di urutan teratas dengan 16,4 persen.

Selanjutnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (12,8 persen) dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (9,6 persen). Berada di peringkat empat, ada nama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (8,8 persen), Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (7,5 persen), dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno (6,2 persen).

Bacaan Lainnya

“Prabowo Subianto masih memuncaki urutan pertama preferensi politik masyarakat sebagai presiden. Disusul Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Agus Harimurti Yudhoyono, dan Ridwan Kamil,” ujar peneliti LP3ES, Erwan Halil lewat keterangannya.

Untuk figur ketua umum partai politik teropuler, Prabowo kembali menempati peringkat pertama dengan 27,6 persen. Selanjutnya ada nama Megawati Soekarno Putri (23,3 persen), Agus Harimurti Yudhoyono (21,5 persen), Muhaimin Iskandar (6,8 persen), dan Airlangga Hartarto (6,1 persen).

“Figur yang kuat dan berpengaruh masih menjadi faktor penting dalam membangun kepemimpinan politik yang efektif. Regenerasi kepemimpinan ke tokoh yang lenih muda mendapat respon yang sangat baik dari masyarakat,” ujar Erwan.

Pos terkait