Alamak, Sejak 22 Februari Tiga Desa di Bekasi Masih Banjir

  • Whatsapp

Kabarsiana.com, BEKASI — Meski banjir di kawasam Jabodetabek sudah tak ada lagi, namun ternyata di Bekasi, masih ada tiga desa yang tergenang air yaitu Desa Pantai Hurip dan Desa Huripjaya Kecamatan Babelan serta Desa Harapanjaya Kecamatan Muaragembong.

Hal itu dikatakan kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, Henri Lincoln pada Kamis (11/3).

Bacaan Lainnya

“Kondisinya, tiga desa itu berada di hilir, dan saat ini masih banjir di bawah 60 cm,” kata Henri, dalam keterangan resminya.

Pihaknya menjelaskan, tiga titik tersebut termasuk wilayah dengan kondisi banjir genangan. Artinya, kondisi tersebut dikarenakan oleh adanya rob air laut, DAS yang mengaliri saluran air di lokasi tersebut. Ditambah lagi dengan adanya air dari sungai DAS besar Kali bekasi dan Sungai Citarum.

“Lokasi yang masih banjir itu merupakan pertemuan sungai dan laut, sehingga saat ini masih terjadi genangan. Persiapan, penanggulangan ditempat ini memang tiap tahun. Selalu terjadi, dan kita membantu secara logistik,” tukasnya.

Sebelumnya, ada 19 kecamatan di Kabupaten Bekasi yang terendam banjir. Penyebabnya bervariasi, selain tingginya curah hujan yang terjadi selama satu pekan terakhir, jebolnya tanggul di beberapa sungai juga menyebabkan banjir tinggi.

Pos terkait