Alarm Tsunami “Melengking” Warga di Pasifik Berlarian

  • Whatsapp

Kabarsiana.com, NOUMEA  – Puluhan ribu penduduk pesisir di Selandia Baru, Kaledonia Baru, dan Vanuatu melarikan diri ke tempat yang lebih tinggi pada hari Jumat (5/3) pagi ketika beberapa gempa bumi yang kuat memicu peringatan tsunami di seluruh Pasifik.

Dikutip AFP, sirine peringatan terdengar di seluruh Noumea ketika pihak berwenang memerintahkan evakuasi di tengah kekhawatiran bahwa gelombang setinggi tiga meter (10 kaki) menuju ke wilayah Prancis.

Bacaan Lainnya

“Orang-orang harus meninggalkan daerah pantai dan menghentikan semua aktivitas air, dan tidak boleh menjemput anak-anak mereka di sekolah untuk menghindari kemacetan lalu lintas,” kata juru bicara layanan darurat Alexandre Rosignol kepada radio publik.

Sementara itu di Selandia Baru masyarakat yang tinggal di pesisir pulau utara diinstruksikan untuk menyingkir ke tempat yang lebih tinggi. Perdana Menteri (PM) Jacinda Ardern termasuk di antara mereka yang diberikan instruksi ini.

“Jangan tinggal di rumah,” kata Badan Manajemen Darurat Nasional (NEMA) Selandia Baru

“Orang-orang di dekat pantai … harus segera pindah ke tempat tinggi terdekat, dari semua zona evakuasi tsunami, atau sejauh mungkin ke pedalaman.”

PM Jacinda juga membagikan pengalamannya di media sosialnya sambil menyatakan harapan yang terbaik bagi negaranya dan para warganya.

Pos terkait