Ancaman 15 Tahun Penjara Tunggu Pemilik Sekaligus Pendiri Pasar Muamalah

  • Whatsapp

Kabarsiana.com, DEPOK  – Baru seminggu viral di jagad maya, Pasar Muamalah di Tanah Baru Kota Depok nampaknya akan segera berakhir dan terkubur. Ini terjadi setelah  Zaim Saidi, pemilik sekaligus pendiri pasar muamalah yang transaksinya menggunakan koin Dinar dan Dirham ditetapkan polisi sebagai tersangka.

“Tersangka Zaim diduga melanggar Pasal 9 UU 1/1946 tentang Hukum Pidana dan Pasal 33UU 7/2011 tentang Mata Uang dengan ancaman 15 tahun penjara dan denda Rp200 juta,” kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan, kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (3/2).

Bacaan Lainnya

Ahmad menjelaskan kronologi pengungkapan kasus Pasar Muamalah Depok, yang melakukan transaksi pakai dinar dan dirham.

Menurut dia, awal pengungkapan kasus ini dari informasi yang diperoleh tim penyidik pada Kamis, 28 Januari 2021. Hal itu terkait adanya video viral penggunaan alat tukar selain rupiah, yaitu dinar dan dirham sebagai alat transaksi jual beli atau perdagangan di Jalan Tanah Baru, Depok, Jawa Barat.

Adapun aktivitas jual beli dipasar tersebut, kata Ahmadm dilakukan dua pekan sekali yakni pada hari Minggu mulai pukul 10.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB. Pasar Muamalah diadakan di sebuah lahan milik Zaim Saidi (ZS).

Pos terkait