Andora, Negara Tanpa Pengangguran

  • Whatsapp

PENGANGGURAN menjadi permasalahan yang hampir dialami oleh setiap negara di dunia, baik negara maju ataupun negara berkembang. Jumlah pengangguran di sebuah negara sangat berpengaruh besar terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat yang akan memicu permasalahan sosial lainnya seperti kemisikinan dan busung lapar.

Pekerjaan yang semakin berkurang dan jumlah penduduk yang semakin bertambah menjadi faktor utama terjadinya pengangguran. Lalu percayakah kamu jika ada negara di yang semua orangnya bekerja dan tidak ada yang pengangguran?

Bacaan Lainnya

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan the world factbook seperti yang dilansir dari brilio.net dan dailymail, memaparkan bahwa Andorra menduduki posisi pertama di dunia sebagai negara yang tingkat penganggurannya 0%.

Dengan tingkat pengangguran 0% berarti dapat dikatakan bahwa di negara yang beribukota Andorra la Vella tersebut tidak ada orang yang menganggur atau semua warganya memiliki pekerjaan. Maka dari itu juga berarti tingkat kesejahteraan masyarakat Andorra pun terbilang cukup tinggi.

Andorra yang menggunakan Bahasa Katalan untuk berkomunikasi, merupakan salah satu negara bagian dari Eropa yang sangat kaya dan terkenal mewah. Negara yang memiliki warna bendera biru, kuning dan merah ini berbatasan langsung dengan Prancis dan Spanyol.

Sumber utama dari penghasilan masyarakat yang ada di Andorra adalah pariwisata, bahkan negara ini terkenal dengan statusnya yang bebas cukai. Bahasa yang digunakan pun beragam, karena berbatasan langsung dengan Prancis dan Spanyol, sebagian besar masyarakat Andorra dapat menguasai dua bahasa tersebut, meskipun bahasa asli mereka tetap bahasa Katalan.

Sebagian besar wilayah Andorra adalah pegunungan. Iklim Andorra yang sedang dengan ketinggian rata 1996 m menjadikan Andorra primadona untuk berwisata alam. Setiap tahunnya diperkirakan ada sekitar 10 juta wisatawan yang berkunjung ke negara tersebut.

Hal ini dianggap wajar, sebab daya tarik utama dari Andorra adalah statusnya sebagai negara yang bebas bea cukai. Jadi, tidak salah jika survei tersebut menempatkan Andorra sebagai negara yang tidak memiliki pengangguran alis tingkat pengangguran 0%.

Kesejahteraan memang menjadi dambaan semua negara. Andorra membuktikan bahwa di negara mereka pengangguran dapat dikatakan nihil, lalu bagaimana dengan Indonesia? ***

Pos terkait