Anggota Polri Dilarang Mudik

  • Whatsapp

Kabarsiana.com, JAKARTA – Kapolri Jenderal Idham Azis kembali mengeluarkan surat telegram untuk personel kepolisian. Dalam surat tersebut, anggota Polri dilarang mudik selama wabah virus corona.

Surat telegram tersebut tertuang dengan nomor ST/1449/V/KEP/2020 yang diteken Idham Azis.

Bacaan Lainnya

Kadiv Humas Polri Brigjen Pol Argo Yuwono mengatakan, Polri berkomitmen serius mencegah penularan wabah virus corona. Untuk itu, setiap anggota dilarang mudik atau ke luar kota kecuali perjalanan dinas.

“Polri berkomitmen untuk mencegah peredaran COVID-19, ditegaskan kembali kepada anggota Polri dilarang mudik kecuali perjalanan dinas dan izin khusus dengan kelengkapan sesuai protokol COVID-19,” kata Argo lewat keterangannya, Kamis (14/5).

Argo menuturkan, pemberian izin dinas ke luar kota pun dilakukan secara ketat. Setiap anggota pun diminta memenuhi kelengkapan syarat untuk dinas ke luar kota.

Apabila nekat bepergian, Polri telah menyiapkan sanksi tegas sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang (UU) atau payung hukum yang berlaku.

“Kami berharap keluarga Besar Polri dapat mengerti kondisi seperti ini dan kita berdoa bersama pendemi COVID-19 segera berakhir, ” ujar Argo.

Sebelumnya yang sama juga ditegaskan Pemerintah Pemerintah yang melarang PNS mudik dalam masa pembatasan sosial akibat virus corona. Namun, kebijakan tersebut ada pengecualian jika terkait perjalanan dinas.

Kebijakan tersebut tertuang dalam SE Menteri PANRB No. 55/2020 tentang Perubahan atas SE Menteri PANRB No. 46/2020 tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian Ke Luar Daerah dan/atau Kegiatan Mudik dan/atau Cuti bagi ASN dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19.

“Dalam SE itu ASN dibolehkan melakukan perjalanan ke luar kota jika terkait penanganan Covid-19,” ujar Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji seperti dikutip, Rabu (13/05). (*/kpr)

Pos terkait