Awas, Banjir Bandang Berpotensi “Hajar” 14 Provinsi di Indonesia

  • Whatsapp

Kabarsiana.com, JAKARTA – Pelosok Indonesia dari Sabang sampai Merauke, berpotensi direndam oleh banjir bandang, tak tanggung-tanggung, dari 34 provinsi di nusantara, 14 diantaranya berpotensi sangat besar “didatangi” bencana tersebut.

Kepala Bagian Humas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Akhmad Taufan Maulana mengatakan, 14 provinsi berstatus waspada. Peringatan dini berlaku pada Minggu (31/1) hingga Senin (1/2).

Bacaan Lainnya

“Berlaku 31 Januari 2021 pukul 07.00 WIB sampai dengan 1 Februari 2021 pukul 07.00 WIB. Potensi dampak hujan lebat untuk dampak banjir/bandang dapat terjadi di wilayah sebagai berikut,” kata Taufan dalam keterangan tertulis, Sabtu (30/1).

Taufan menyebutkan potensi banjir bandang berada di lima provinsi di Pulau Sumatera. Potensi tersebar di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, dan Jambi.

Banjir bandang juga berpotensi terjadi di tiga provinsi di Pulau Jawa, yaitu Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, dan Jawa Timur. Lalu potensi menyebar di Bali, NTB, dan NTT.

Selain itu, banjir bandang berpotensi terjadi di Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, dan Papua.

Sebelumnya, cuaca ekstrem melanda berbagai daerah di Indonesia sejak pergantian tahun. BNPB mencatat bencana banjir terjadi sebanyak 148 kali pada Januari 2021.

Pos terkait