Bagi Anda Pencari Kerja, Waspadai Lowongan Kerja Palsu di Medsos

  • Whatsapp

BANYAKNYA orang yang mencari lowongan kerja kerap dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab untuk menuai keuntungan sendiri. Berbagai cara pun dilakukan agar pencari kerja mengeluarkan sejumlah uang untuk pelaku.

Melalui instagram resminya, Kementerian Ketenagakerjaan @kemnaker membagikan informasi mengenai ciri-ciri modus penipuan pada lowongan kerja. Apabila merasa dirugikan, Kemnaker mengimbau untuk melaporkan kepada pihak berwajib.

Bacaan Lainnya

“Laporkan ke pihak kepolisian jika kamu merasa dirugikan akibat lowongan kerja fiktif atau palsu ya,” tulis Kemnaker dikutip pada Senin (10/5).

Adapun ciri-ciri modus penipuan ini, yaitu bahasa penulisan yang buruk, dalam menuliskan info terkait lowongan kerja banyak ditemukan typo bahkan sering kali ditemukan penggunaan bahasa yang tidak formal.

Padahal dalam menulis sebuah info lowongan kerja bahasa yang digunakan haruslah terstruktur dengan rapi serta menggunakan bahasa yang formal.

Kemudian ciri yang selanjutnya adalah, meminta sejumlah uang dengan alasan yang tidak jelas, seperti biaya transportasi hingga biaya pendaftaran. Untuk ini perusahaan yang membuka lowongan kerja secara resmi tidak pernah meminta biaya apapun terkait perekrutan calon pegawai.

Selanjutnya, memberikan gaji yang sangat fantastis, dalam hal ini biasanya lowongan kerja palsu menawarkan gaji yang besar untuk jenis pekerjaan dan posisi yang tidak seberapa.

Pos terkait