Bajigur, Minuman Petani yang Naik Kelas

  • Whatsapp

SETIAP kuliner tradisional punya sejarah yang unik, termasuk bajigur. Dulunya bajigur jadi minuman para petani, tapi kini jadi menu kafe kekinian.

Sudah banyak yang tahu kalau bajigur berasal dari Jawa Barat tapi tak ada yang tahu detailnya. Minuman yang biasa tersaji hangat ini punya rasa manis legit, jadi siapapun yang menyeruputnya dijamin langsung ketagihan.

Bacaan Lainnya

Di era 1990-an, penjual bajigur bisa ditemui di jalan. Mereka berjualan keliling menggunakan gerobak dorong. Bajigur juga identik dengan aneka makanan pendamping serba rebusan seperti pisang, ubi, singkong hingga talas.
Menengok lebih jauh lagi, bajjigur bukanlah minuman yang biasa diperjual belikan karena umumnya masyarakat membuatnya untuk dikonsumsi sendiri. Dulu, bajigur adalah minuman favorit para petani di Jawa Barat.

Sejarah bajigur

Bajigur pertama kali dibuat oleh masyarakat Sunda di Jawa Barat. Bajigur ditemukan secara tidak sengaja oleh para petani. Awalnya para petani ini terbiasa menikmati air rebusan gula aren di pagi hari sebelum beranjak ke sawah.

Air gula yang dinikmati hangat ini punya efek menenangkan sekaligus memacu semangat dan energi. Lambat laun, air gula aren ini mengalami perkembangan karena diberi berbagai tambahan bahan lainnya.

Para petani mulai menambahkan jahe dan santan. Minuman hangat ini langsung jadi favorit, apalagi pada masa itu kawasan Jawa Barat masih terasa sangat dingin. Minum segelas bajigur hangat bisa menjadi doping semangat sekaligus membuat tubuh hangat.

Komposisi bajigur

Bajigur terbilang minuman sederhana, bahan pembuatnya hanya terdiri dari gula aren, santan dan jahe. Penggunaan jahe pada bajigur juga tidak terlalu banyak sehingga rasa yang mendominasi yakni manis legit dari gula aren dan santan.

Kini ada beberapa orang yang membuat bajigur dengan tambahan daun pandan dan sedikit garam untuk penyeimbang rasa. Untuk membuat bajigur juga cukup mudah, semua bahan dicampur dan dimasak hingga mendidih dan agak kental. Bajigur harus segera disajikan saat masih hangat agar sensasinya lebih nikmat.

Identik disajikan dengan makanan rebusan

Bajigur identik dengan penyajiannya yang hangat. Sambil minum bajigur, ada juga berbagai menu pelengkap.

Tak kalah ndeso, makanan pelengkap bajigur adalah aneka rebusan mulai dari kacang rebus, singkong, pisang, ubi hingga talas. Ada juga yang kerap menikmati bajigur dengan kudapan manis tradisional seperti timus dan kue mata roda.

Di desa, masih banyak ditemui penjual bajigur yang berkeliling menggunakan gerobak. Penjual bajigur ini selalu membawa kompor untuk menjamin bajigurnya tetap hangat. Saat dibiarkan dingin, santan dan air jahe pada bajigur akan terpisah dan ini tentu akan mengurangi sensasi rasanya.

Khasiat bajigur

Bajigur bukan hanya enak dan nikmat tapi juga punya segudang khasiat. Jahe pada bajigur membantu mencegah masuk angin dan mengobati perut kembung. Efek hangat juga bisa dirasakan tubuh setelah menikmati bajigur.
Bajigur yang terbuat dari gula aren asli juga efektif memberi energi ekstra pada tubuh. Minuman herbal ini juga membantu mengatasi masalah pencernaan, menjaga sistem imun, memperkuat tulang dan lain sebagainya.

Jika dahulu bajigur dijual menggunakan gerobak sederhana, kini bajigur jadi minuman naik kelas. Banyak kafe dan restoran mewah yang menghadirkan menu bajigur sebagai minuman andalan. Bajigur juga kerap disajikan dengan aneka rebusan umbi atau kacang.

Resep bajigur

Tergoda menikmati secangkir bajigur hangat di rumah? Bikin sendiri bajigur enak yang rasanya manis legit. DetikFood punya resep bajigur yang praktis dan dijamin enak.

Bahan
1200 ml santan
180 gr gula merah/gula aren
35 gr jahe bakar, kupas
3 lembar daun pandan
Kayu manis secukupnya
Garam secukupnya

Cara membuat
1. Rebus santan bersama gula merah, jahe, daun pandan, kayu manis dan garam,
2. Diamkan hingga mendidih dan mengental, masak dengan api kecil,
3. Angkat dan hidangkan bajigur segera.***

Pos terkait