Bos WTO Roberto Azevedo Resign

  • Whatsapp

Kabarsiana.com, JENEWA  – Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) mengonfirmasi pada, Kamis (14/5) waktu setempat, bahwa sang direktur jenderal Roberto Azevedo akan mengundurkan diri. Azevedo mundur sebelum masa jabatannya tuntas tahun depan.

“WTO akan mengumumkan hal ini setelah pertemuan para delegasi pada pukul 14.00 GMT (21.00 WIB),” ujar Juru Bicara WTO Keith Rockwell kepada AFP seperti dilansir dari cnbcindonesia.com, Kamis (14/5).

Bacaan Lainnya

Tanggapan Rockwell disampaikan setelah Bloomberg melaporkan Azevedo berencana mundur pada 1 September 2020. Ia mulai menjabat pada 2013 dan masa jabatannya periode kedua pungkas tahun depan.

Kabar mundurnya Azevedo tiba di saat pandemi Covid-19 telah menciptakan masalah pada perekonomian dan perdagangan internasional. Beberapa waktu lalu, WTO memperkirakan penurunan volume perdagangan bakal mencapai dua digit di hampir semua wilayah tahun ini.

Sebelum pandemi, keberadaan WTO juga disinggung oleh Presiden AS Donald Trump. Trump meminta ada reformasi besar-besaran terhadap lembaga tersebut.(*/miq)

Pos terkait