Catat, 9 Juta Imigran di Amerika akan Diberi Kewarganegaraan

  • Whatsapp

Kabarsiana.com, WASHINGTON – Sebuah kado manis akan diberikan Presiden Joe Biden di awal kekuasaannya sebagai orang nomor satu di Amerika Serikat. Pesaing Donald Trump itu, berencana akan memberikan kewarganegaraan bagi 9 juta imigran yang ada di sana.

Joe Biden akan meminta pemerintahannya memberi kewarganegaraan kepada sembilan juta imigran. Biden juga memerintahkan peninjauan seluruh aturan hukum mengenai imigrasi dan integrasi yang diberlakukan saat AS di bawah pimpinan Donald Trump.

Bacaan Lainnya

“Peninjauan tersebut kemungkinan akan mengarah pada perubahan kebijakan yang dramatis” ujar salah seorang pejabat senior Pemerintah AS, seperti dikutip dari AFP, Selasa (2/1).

Tujuan dari kebijakan itu, menurut pejabat senior AS untuk memulihkan kepercayaan pada sistem imigrasi dan mempromosikan integrasi warga Amerika.

“Presiden Trump begitu fokus pada dinding pembatas sehingga dia tidak melakukan apapun untuk mengatasi akar masalah penyebab mengapa orang datang ke perbatasan selatan kami,” ujarnya.

Kebijakan di era Trump memungkinkan petugas menuntut dan mendeportasi pendatang yang memasuki AS secara ilegal. Lalu anak-anak mereka ditempatkan ke dalam tahanan federal.

Banyaknya protes dan kritik dari luar, membuat Trump terpaksa mencabut kebijakan itu. Tetapi ratusan anak migran belum dikembalikan kepada orang tuanya.

Pos terkait