Corona Kacaukan Jadwal Liga Champions Asia

  • Whatsapp

Kabarsiana.com, KUALA LUMPUR – Wabah virus Corona yang sedang terjadi di dunia dan khususnya di China telah mempengaruhi berbagai aspek, salah satunya sepakbola.

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) mengumumkan pekan lalu bahwa tim dari Liga Super China akan memainkan tiga pertandingan pertama mereka di kompetisi Liga Champions Asia musim ini di luar negeri, tetapi pertandingan itu sekarang nampak sangat riskan.

Bacaan Lainnya

Pembatasan perjalanan (travel warning) yang dikeluarkan oleh Jepang dan Australia, dua negara di mana tim Liga Super China dijadwalkan akan bermain.

Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengumumkan larangan perjalanan yang ketat pada hari Sabtu, menyangkal masuknya wisatawan asing yang telah meninggalkan atau melewati daratan China.

Dua dari empat tim China akan memulai turnamen di Australia. Shanghai Shenhua dijadwalkan akan bertanding melawan Perth Glory pada hari pertandingan pertama sementara Shanghai SIPG bertandang ke Sydney FC untuk bertanding pada 12 Februari.
Media China telah melaporkan bahwa Asosiasi Sepak Bola Cina (CFA) telah menghubungi AFC dan Federasi Sepak Bola Australia untuk memastikan pertandingan ini berlanjut.

Rencana wakil dari China adalah menyewa pesawat untuk melakukan perjalanan ke Australia dan dikarantina dan melakukan inspeksi lokal sebelum pertandingan. Alternatifnya adalah bermain di tempat netral.

AFC telah mengadakan pertemuan di kantor pusatnya di Kuala Lumpur pada hari Selasa untuk membahas situasi tersebut.
Dua tim Liga Champions Asia asal China lainnya – Beijing Guoan dan Guangzhou Evergrande – akan memainkan pertandingan pertama mereka di Korea Selatan, masing-masing melawan FC Seoul dan Suwon Bluewings.

Saat ini tidak ada pembatasan perjalanan di Korea Selatan tetapi perdana menteri Jepang Shinzo Abe mengumumkan bahwa negara itu akan menolak masuknya orang asing yang telah mengunjungi Hubei dalam 14 hari terakhir, atau yang memiliki paspor yang dikeluarkan di provinsi tersebut.

Ibukota Hubei, Wuhan, adalah pusat wabah dan sebagian besar kasus corona ada di provinsi tersebut.

Beijing Guoan juga perlu melakukan perjalanan ke Australia untuk bermain Melbourne Victory dan ke Thailand untuk menghadapi Chiangrai United, sementara Shanghai Shenhua memiliki pertandingan melawan Ulsan Korea Selatan dan FC Tokyo Jepang yang akan datang.

Shanghai SIPG juga menghadapi perjalanan ke Korea Selatan dan Jepang, untuk menghadapi Jeonbuk dan Yokohama F Marinos, dengan Guangzhou Evergrande berjumpa Vissel Kobe Jepang dan Johor Darul Ta’zim Malaysia.

Malaysia, markas dari AFC yang merupakan opsi untuk laga netral, juga memberlakukan larangan pada wisatawan dari Hubei pada 27 Januari. (*/blb)

Pos terkait