Dana Titipan Pemerintah Mengalir ke 4 Bank Daerah

  • Whatsapp

Kabarsiana.com, JAKARTA – Pemerintah resmi meneken perjanjian kerja sama penempatan dana negara di Bank Pembangunan Daerah (BPD). Adapun, penekanan perjanjian kerjasama ini disaksikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hingga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Adapun penempatan dana negara di 4 BPD. BPD tersebut adalah, Bank DKI, Bank BJB, Bank Jateng, dan Bank Sulutgo.

Bacaan Lainnya

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartato mengatakan, penempatan dana ke Bank Daerah ini untuk mempercepat pemulihaan ekonomi nasional. Adapun dana pemerintah ini untuk membiayai sektor keuangan yang terdampak.

Covid-19 ini menekan ekonomi dan semua negara mengalaminya dan Indonesia juga termasuk karena pertumbuhan ekonomi juga mengalami tekanan,” ujar Airlangga dalam video virtual, Senin (27/7/2020).

Dia melanjutkan dengan adanya penempatan dana ini ke Bank Daerah bisa memulihkan ekonomi pada kuartal III-2020. Khususnya meringankan penjamin modal kredit bagi debitur yang terdampak akibat covid-19.

“Sebelumnya penempatan dana ini udah dilakukan di Himbara dan sekarang di Bank Daerah jadi bisa membantu pemerintah dalam meringankan debitur dan masyarakat kecil di daerah,” jelasnya.

Senada yang sama, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan dalam fokus pemerintah adalah untuk memulihkan ekonomi Indonesia. Hal ini dilakukan untuk membantu masyarakat daerah yang terkena dampak pandemi virus corona (Covid-19).

” Pagi hari ini simbolik dengan 4 BPD jadi ini bisa memulihka ekonomi Indonesia, karena dampak covid ini begitu dalem,” jelasnya. (*/rzy)

Pos terkait