Di Mana Makam si Pitung?

  • Whatsapp

SETIAP kali nama si Pitung disebutkan, maka setiap kali pula ingatan kita akan melayang ke sesosok jagoan Betawi yang menjadi legenda di Batavia (Jakarta sekarang). (alm) Alwi Shahab, budayawan Betawi, menulis bahwa jagoan kelahiran Rawa Belong, Jakarta Barat ini telah membuat pusing pemerintah kolonial di Batavia.

Pitung mati setelah ditembak dengan peluru emas oleh Schout van Hinne dalam suatu penggerebekan karena ada yang mengkhianati dengan memberi tahu tempat persembunyiannya.

Bacaan Lainnya

Ia ditembak dengan peluru emas sebab dikabarkan kebal dengan peluru biasa. Menurut koran Hindia Olanda (18-10-1893:2), sebelum ditangkap Pitung dalam keadaan rambut terpotong, beberapa jam sebelum kematiannya pada hari Sabtu.

Konon kesaktian Si Pitung hilang akibat jimat-nya diambil, versi lain menyatakan, bahwa Si Pitung dapat dikalahkan jika dipotong rambutnya.

Salah satu ilmu kesaktian yang dipelajari Pitung disebut Rawe Rontek. Gabungan antara tarekat Islam dan jampe-jampe Betawi. Dengan menguasai ilmu ini Bang Pitung dapat menyerap energi lawan-lawannya. Seolah-olah lawan-lawannya itu tidak melihat keberadaan Bang Pitung.

Melihat nama Pitung yang terkenal di Betawi, membuat pemerintah Hindia Belanda ketakutan. Kuburan Pitung disembunyikan di suatu tempat yang tidak diketahui keberadaannya.

Pos terkait