Dua Hari Karhutla, 9 Hektare Lahan Gambut Lenyap

  • Whatsapp
9 Hektare Lahan Gambut Lenyap

Kabarsiana.com, BANYUASIN – Hanya berselang dua hari saja, sekitar 2 hektare lahan gambut di Desa Mekar Jaya, Kecamatan Bayung Lencir, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan lenyap karena dimamah si jago merah. Hingga berita ini dilansir, sumber api yang menyebabkan kebakaran itu belum diketahui asalnya.

Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel Ansori mengatakan, kebakaran lahan yang diketahui sejak Selasa (9/2) malam tersebut mulai padam sejak pukul 23.00, Rabu (10/2). Api padam didukung oleh turun hujan dengan intensitas sedang di kawasan tersebut

Bacaan Lainnya

Saat tim gabungan mengecek ke lokasi Kamis (11/2) pagi, api padam namun masih menyisakan asap di beberapa titik.

“Luasan lahan yang terbakar diperkirakan sekitar sembilan hektare, tim di lapangan sedang memastikan luasan lahan yang terbakar menggunakan drone. Untuk titik-titik yang masih berasap sedang dilakukan mapping up mencegah terjadinya kebakaran lagi. Kedalaman gambut di kawasan itu mencapai 30 sentimeter, sehingga bahan bakar masih banyak di dalam tanah,” ujar Ansori, Kamis (11/2).

Dirinya berujar, tim pemadaman mengalami kendala sulitnya akses masuk ke lokasi yang terbakar. Tim Manggala Agni bersama anggota Polsek Bayung Lencir masih berada di lokasi untuk memastikan tidak terjadi lagi titik api.

Pos terkait