Dubes AS Terancam Diusir dari Zimbabwe

  • Whatsapp

Kabarsiana.com, HARARE – Partai berkuasa Zimbabwe, ZANU-PF mengancam akan mengusir Duta Besar Amerika Serikat (AS) Brian Nichols. ZANU-PF menuding Nichols sebagai “penjahat” yang merongrong hukum Zimbabwe.

Juru Bicara ZANU-PF Patrick Chinamasa mengatakan kepada wartawan di Harare, apabila Nichols terus terlibat dalam berbagai tindakan seperti mendukung kerusuhan, mengoordinasikan kekerasan dan melatih pemberontak, pimpinan partai tidak akan ragu untuk memberinya perintah meninggalkan negara itu.

Bacaan Lainnya

Pernyataan Chinamasa itu merujuk pada dukungan AS terhadap rencana protes oleh kelompok-kelompok oposisi terhadap Pemerintahan Presiden Emmerson Mnangagwa pada Jumat (31/7).

Diwartakan VOA, protes itu menyerukan lebih banyak keadilan ekonomi, berkurangnya korupsi dan pengunduran diri sang Presiden.

Serangan lisan partai ZANU-PF terhadap duta besar AS itu menyusul tuduhan pemerintah bahwa AS membantu membiayai kerusuhan di Zimbabwe tiga hari sebelum protes antipemerintah rencananya berlangsung.

Juru bicara oposisi, ketua Transformation Zimbabwe, Jacob Ngarivhume mengatakan, demonstrasi itu akan menandai saat yang menentukan bagi Zimbabwe.

Presiden Mnangagwa tidak menyembunyikan intoleransinya terhadap kritik dan pemerintah telah berjanji akan menghentikan protes tersebut. (*/dka)

Pos terkait