Ekonomi Indonesia Diramal Pulih & Normal 5 Tahun Lagi

  • Whatsapp

Kabarsiana.com, JAKARTA  – Kabar tak mengenakkan terkait perekonomian Indonesia mencuat ke permukaan. Dimana Direktur Pelaksana Bank Dunia, Mari Elka Pangestu mengatakan pandemi Covid-19 telah memberikan tekanan yang sangat luar biasa kepada perekonomian di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Sehingga proses pemulihan sampai kondisi normal diperkirakan butuh 5 tahun.

Pertumbuhan ekonomi diperkirakan masih akan berada pada level di bawah potensi 5% hingga beberapa tahun ke depan. Bahkan, kata Mari, dibutuhkan waktu hingga lima tahun agar perekonomian Indonesia bisa kembali pulih dan normal, seperti sebelum adanya pandemi Covid-19.

Bacaan Lainnya

“Kali ini jika kita kontraksi 2%, kita butuh 1% di bawah potensi atau 4%. Untuk dua hingga tiga tahun ke depan, mungkin kita perlu waktu hingga lima tahun untuk mengembalikan situasi seperti pre-Covid-19,” jelas Mari dalam sebuah webinar beberapa waktu lalu.

Eks Menteri Perdagangan Indonesia itu memandang situasi krisis ekonomi karena Covid-19 saat ini sama seperti krisis ekonomi dan moneter pada 1998. Di mana saat itu Indonesia memerlukan waktu delapan tahun untuk bisa pulih lagi.

“Krismon 98 itu kontraksi yang sangat berat dan memerlukan beberapa tahun dengan low growth. So we basically like eight years sebelum balik lagi ke pre-krismon,” jelasnya.

Pos terkait