Elektabilitas AHY Melesat Gegara Dikudeta Moeldoko

  • Whatsapp

Kabarsiana.com, JAKARTA – Survei yang dilakukan Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research dan dirilis pada Jumat (12/3) terkait elektabilitas calon presiden 2024, menghasilkan sesuatu yang mengejutkan. Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang semula stabil di papan bawah, dalam empat bulan terakhir melesat ke empat besar.

Di posisi teratas, masih ditempatin ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Menteri Pertahanan itu unggul atas Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Bacaan Lainnya

Sementara Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga S Uno yang kerap nangkring di lima besar, perlahan terus merosot.

“Prabowo, Ridwan Kamil, dan Ganjar Prabowo mantap sebagai top three capres 2024, dibayangi AHY yang tembus ke 4 besar,” kata peneliti IndEX Reseach, Hendri Kurniawan.

Ia membeberkan alasan kenapa AHY berhasil menyodok ke posisi empat besar dengan waktu yang relatif cukup singkat. Dia berdalih, AHY saat ini terkesan sebagai figur yang dizalimi setelah partainya dirundung konflik.

“Kesan AHY sebagai figur yang dizalimi tampaknya mendulang simpati dari publik. Moeldoko yang mengudeta kepemimpinan Demokrat hanya mampu meraih elektabilitas di bawah 1%,” ucapnya

Pos terkait