Empat Nama Berebut Posisi Ketua Umum PAN

  • Whatsapp

Kabarsiana.com, KENDARI — Sebanyak empat calon ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN) resmi akan bertarung saat Kongres V PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara. Pejawat Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menjadi pendaftar terakhir dalam kontestasi menjadi orang nomor satu partai berlambang matahari terbit itu. Zulkifli mendaftarkan diri di lokasi kongres di Kendari pada Senin (10/2).

Dengan masuknya empat caketum, menjadi sejarah baru pertarungan bursa ketua umum PAN. Sebelumnya, pertarungan untuk memilih ketua umum hanya diikuti dua kandidat. Kini, di Kongres V PAN, empat caketum memastikan masuk arena pertandingan perebutan kursi yang saat ini masih diduduki Zulkifli Hasan. Mereka adalah pejawat Ketum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Fraksi PAN di DPR Mulfachri Harahap, mantan menpan-RB Asman Abnur, dan anggota Dewan Kehormatan PAN Dradjad Wibowo.

Bacaan Lainnya

Tiga caketum sudah mendaftar sejak Sabtu (8/2) dan Ahad (9/2) kemarin. Sementara, Zulkifli baru mendaftar pada Senin di lokasi Kongres V PAN yang akan digelar di Hotel Claro, Kendari, Sulawesi Tenggara. Seusai mendaftar, pejawat Ketum PAN itu mengklaim awalnya tak berniat untuk maju ke dalam kontestasi. Namun, ia mengeklaim ada 28 DPW PAN mendukungnya untuk maju sebagai caketum.

“Datang ke kediaman saya, ketua dan sekretaris (DPW PAN) mendaulat dengan berbagai pertimbangan untuk saya bersedia mencalonkan diri,” ujar Zulhas, Senin (10/2).

Wakil Ketua Umum PAN Totok Daryanto mengeklaim bahwa Zulkifli sudah mengantongi lebih dari 300 suara dukungan. “Udah 350-an,” jawab singkatnya di lokasi Kongres V PAN.

Di lain pihak, caketum lainnya, Mulfachri Harahap, mengaku tak ingin mengeklaim dukungan suara seperti yang diungkapkan calon lainnya. Namun, ia tetap optimistis menghadapi kontestasi di Kendari ini. “Saya tidak mau nyebut angka lah, nanti angka kamu adu dengan angka sana nanti ke voter yang tadinya cuma 590 sekian bisa jadi seribu,” ujar Mulfachri.

Caketum PAN Asman Abnur mengaku punya strategi rahasia untuk memenangkan kursi ketum PAN. “Itu adalah rahasia saya dengan DPD karena saya sudah melakukan komunikasi langsung dengan mereka,” kata Asman. (*/rol)

Pos terkait