Gagal Kalahkan PSSI U-19, Pelatih Arab Saudi Dipecat

  • Whatsapp

Kabarsiana.com, RIYADH – Laga melawan timnas Indonesia U-19 menjadi yang terakhir untuk pelatih asal Belanda, Damien Hertog, menukangi skuat Arab Saudi U-19.

Setelah pulang dari Kroasia, dia dipecat oleh Federasi Sepakbola Arab Saudi (SAFF) Rabu (16/9) lalu.

Bacaan Lainnya

Sebelum berkiprah di timur tengah, Hertog lebih dikenal sebagai salah satu pelatih tim muda Feyenoord. Dia sukses menjadi juara Liga U-19 di Belanda bersama Feyenoord di 2013.

Setelah berkecimpung di sepakbola muda di Belanda, Hertog sempat menjadi asisten pelatih di tim APOEL Nicosia Siprus. Setelah hanya dua bulan bersama APOEL, dia baru masuk ke timur tengah dengan berada di staf kepelatihan Al Jazira hingga akhirnya jadi pelatih kepala.

Kerjanya di Arab Saudi U-19 hanya setahun setelah SAFF mengumumkan pemecatannya. “Federasi sepakbola Saudi sepakat untuk mengakhiri kerjasama dengan pelatih kepala asal Belanda, Damien Hertog yang seharusnya menangani timnas U-19 selama piala AFC yang awalnya digelar Oktober mendatang,” tulis SAFF dalam rilisnya.

Keputusan ini diambil setelah AFC memutuskan menunda Piala Asia U-19 awal tahun 2021 mendatang dan tak menyinggung hasil selama di Kroasia.

Selain itu, Hertog juga tak bisa menangani tim pada awal 2021 karena harus mengikuti kursus kepelatihan sepakbola di Spanyol.

Selama berada di negara Eropa Timur tersebut, Saudi gagal meraih kemenangan dengan dua kali kalah atas Bulgaria dan Kroasia serta imbang atas Indonesia.

“Kami berterimakasih atas kerjasama coach Hertog dan usaha dari timnya selama pemusatan latihan di Abha, Taif dan Kroasia. Kami doakan semoga mereka sukses menyelesaikan kursus di Spanyol,” pungkas SAFF.

Posisi Hertog digantikan oleh Saleh El Mohammady yang berpengalaman di level timnas seperti tim Olimpiade, U-23 hingga asisten pelatih skuat senior.(*/blb)

Pos terkait