Gubernur di Somalia Tewas Dalam Serangan Bunuh Diri

  • Whatsapp

Kabarsiana.com, MUDUG – Gubernur wilayah Mudug di Puntland, Somalia tewas bersama tiga pengawalnya akibat serangan bom bunu diri oleh kelompok bersenjata al-Shabab, menurut polisi dan seorang pejabat keamanan.

“Sebuah bom mobil bunuh diri menabrak mobil gubernur. Gubernur Ahmed Muse Nur dan tiga pengawalnya tewas,” kata kapten polisi Mohamed Osman kepada kantor berita Reuters via Al Jazeera, Senin (18/5).

Bacaan Lainnya

Pejabat keamanan Muse Ahmed mengkonfirmasi jumlah korban tewas. “Ada korban lain tetapi rinciannya masih diselidiki,” katanya kepada kantor berita AFP.

Pada akhir Maret, gubernur Puntland terbunuh dalam keadaan yang serupa.

Al-Shabab berjuang selama bertahun-tahun untuk menggulingkan pemerintah pusat Somalia yang diakui secara internasional dan sering melakukan pemboman di Somalia.

Kelompok itu ingin mendirikan pemerintahannya sendiri, berdasarkan hukum Islam.

Pada hari Minggu, kelompok bersenjata tersebut memposting pernyataan di situs web pro-Shabab yang mengatakan, “Gubernur administrasi murtad di wilayah Mudug tewas dalam operasi syahid di Galkayo hari ini.”

Galkayo terletak sekitar 600 km (375 mil) utara ibukota Somalia, Mogadishu.

Al-Shabab, kelompok yang berafiliasi dengan al-Qaeda. Mereka diusir dari Mogadishu pada 2011 dan kehilangan sebagian besar wilayah kekuasaannya, tetapi masih mengendalikan sebagian besar wilayah pedesaan.

Anggotanya telah berjanji untuk menggulingkan pemerintah di Mogadishu dan melakukan berbagai serangan di ibukota. (*/fzy)

Pos terkait