Indonesia Wajib Waspada, Mafia Vaksin COVID-19 Palsu Dunia Terbongkar

  • Whatsapp
Mafia Vaksin COVID-19
Mafia Vaksin COVID-19

Kabarsiana.com, JOHANNESBURG – Kasus mafia vaksin COVID-19 di dunia terbongkar. Polisi Afrika Selatan menyita ratusan vaksin COVID-19 palsu.  Dan menangkap empat tersangka sehubungan dengan penyitaan tersebut,” kata badan koordinasi kepolisian global Interpol dikutip dari Reuters, Minggu (7/3).

Keempat tersangka tersebut ternyata mayoritas warga negara China. Hanya satu warga Zambia.

Bacaan Lainnya

“Barang bukti yang diamankan sekitar 400 ampul – setara dengan sekitar 2.400 dosis – di sebuah gudang di Germiston, Johannesburg, Afrika Selatan,” kata Interpol di situsnya.

Penangkapan ini merupakan buah dari peringatan global pada penegakan hukum di 194 negara anggotanya pada Desember 2020 lalu. Di sana petugas juga menemukan sejumlah besar masker 3M palsu,

Seluruh negara diminta bersiap menghadapi jaringan kejahatan terorganisir yang menawarkan vaksin COVID-19 palsu. Baik secara langsung maupun daring.

Sementara itu di China, polisi mengidentifikasi jaringan yang menjual vaksin COVID-19 palsu dan menggerebek tempat pembuatannya. 80 tersangka dan lebih dari 3.000 vaksin palsu pun diamankan.

“Sementara kami menyambut baik hasil ini, ini hanyalah puncak gunung es (permukaan masalah) dalam hal kejahatan terkait vaksin COVID-19,” kata Sekretaris Jenderal Interpol Juergen Stock.

Pos terkait