Inyiak Canduang, Tokoh Pendidik yang Juga Ulama Besar Ranahminang

  • Whatsapp

Kabarsiana.com, PADANG  – Tidak aneh rasanya kalau perjuangan Syaikh Sulaiman Ar-Rasuli yang biasa dipanggil Inyiak Canduang menjadi teladan bagi warga Sumatera Barat karena jasa-jasanya yang masih dirasakan warga Sumbar hingga hari ini.

Diantara maha karya ulama besar ini yang masih berkibar hingga sekarang adalah organisasi Persatuan Tarbiyah Islamiyah atau yang kita kenal sekarang dengan Perti.

Bacaan Lainnya

Beliau juga turut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia melalui jalur konstituante dalam mengamendemen UUD 1945, yang ketika jadi ketua sidang pertama dari Ormas Perti.

Selain itu, Inyiak Canduang juga merupakan murid dari syaikh Ahmad Khatib Al-Minangkabau yang bermazhab Syafii, setelah belajar dari Syaikh Ahmad Khatib di Mekkah, inyiak pun juga menganut mazhab Syafii.

Kembali ke Indonesia, Inyiak Canduang mulai menyebarkan dakwah di Minangkabau. Sesuai namanya dan tanah kelahirannya dengan merintis pesantren yang bernama Perti. Banyak murid-murid yang ingin belajar kepada inyiak yang kemudian mulai tersebar dan bertambah luas pengaruh Inyiak Canduang di Agam.

Lalu, menyebar ke Padang Panjang, Padang dan beberapa tempat lainnya. Inyiak sendiri berjuang melalui gagasan, ide dan pemikiran yang dituangkan melalui dakwah kepada umat agar umat kembali kepada Al Quran dan Sunnah dengan penyampaian yang lembut dan hikmah.

Pos terkait