Iran Siap Bertukar Tahanan dengan AS

  • Whatsapp

Kabarsiana.com, TEHERAN – Iran menyatakan siap melakukan perundingan mengenai pertukaran tahanan dengan Amerika Serikat (AS) menyusul kekhawatiran akan dampak pandemi virus corona bagi nyawa para tahanan, demikian dilaporkan media Iran pada Minggu (11/5).

Kantor berita Associated Press melaporkan, Juru Bicara Kabinet Ali Rabiei mengatakan AS sejauh ini “menolak menjawab” seruannya untuk berunding.

Bacaan Lainnya

“Kami berharap ketika wabah penyakit Covid-19 mengancam kehidupan warga Iran di penjara AS, pemerintah AS pada akhirnya akan lebih memilih melindungi nyawa manusia daripada politik,” kata Raibiei sebagaimana dilansir VOA, Selasa (12/5).

Seorang pejabat senior AS, yang tidak bersedia disebut namanya mengatakan, “Belum ada tawaran dan tidak ada tawaran pembicaraan langsung” dari Iran.

Rabiei mengatakan Iran menganggap pemerintah AS bertanggung jawab atas kesehatan para tahanan Iran dan menambahkan “AS tampaknya memiliki kesiapan lebih besar untuk mengakhiri situasi ini.”

Rabiei tidak merinci lebih jauh, tetapi media Iran dalam beberapa bulan terakhir mengatakan ada beberapa warga Iran di tahanan AS, termasuk Sirous Asgari, seorang profesor universitas berusia 60 tahun.

Pekan lalu, para pejabat AS mengatakan membuat kemajuan dalam upaya untuk mengamankan pembebasan seorang veteran Angkatan Laut yang ditahan di Iran.

Pejabat pemerintahan Trump berulang kali mengatakan mereka menganggap pembebasan sandera dan tahanan Amerika sebagai prioritas penting. (*/dka)

Pos terkait