Jakarta International Stadium, Stadion Kelas Dunia Persembahan Anies Baswedan

  • Whatsapp

Kabarsiana.com, JAKARTA – Sebentara lagi, Kota Jakarta akan memilki stadion kelas dunia. Semangat persatuan dihadirkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dalam pembangunan Jakarta International Stadium (JIS), meski pembangunannya terkendala pandemi Covid-19 dan cuaca. Saat ini, masa pembangunan JIS memasuki minggu ke-79 pada Maret 2021.

Progres pembangunan JIS saat ini masih minus dari rencana 50,650 persen baru terealisasi 49,944 persen atau deviasi -0,706 persen. Hal itu diakibatkan pandemi yang berdampak terhadap material import dan cuaca yang juga punya cukup andil.

Bacaan Lainnya

“Penuh dinamika dalam proses progresnya,” tulis akun instagram @jakintstadium dikutip Selasa (9/3)

Akun tersebut menjelaskan bahwa di tengah dinamika, tak menarik bila pembangunan fisik tak dibarengi narasi pembangunan jiwa pada stadion ini. Semoga sepakat bila menghadirkan Jakarta International Stadium juga menghadirkan kembali spirit MH Thamrin yang kelahirannya baru diperingati pada 16 Februari 2021 lalu.

Bicara MH. Thamrin adalah sosok putra Betawi yang juga Pahlawan Nasional karena pergerakannya dalam rangka persatuan bangsa.

Upaya mendorong klub-klub sepakbola di Jakarta bersatu dalam perkumpulan VIJ (Voetbalbond Indonesische Jacatra). Persatuan klub sepakbola tersebut merupakan bagian dari semangat Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 dan diaplikasikan dalam olahraga sepakbola. Semangat akan persatuan ini juga yang dibawa VIJ untuk mendorong lahirnya PSSI. Jadi sepakbola di Jakarta tak lepas dari pergerakan nasional dalam mencapai kemerdekaan.

Pos terkait