Konsumsi Listrik Nasional Capai 60,33 Twh

  • Whatsapp

Kabarsiana.com, JAKARTA – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) mencatat konsumsi listrik nasional sudah menunjukan pemulihan meski tidak begitu signifikan. Realisasi pertumbuhan konsumsi kuartal pertama tahun ini turun 1,34 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril menjelaskan realisasi konsumsi listrik di kuartal pertama tahun ini mencapai 60,33 TWh. Bob menjelaskan adanya penurunan tipis jika dibandingkan tahun lalu karena pada kuartal pertama tahun lalu belum ada penerapan PSBB.

Bacaan Lainnya

“Tahun lalu kuartal pertama belum ada PSBB, jadi masih normal. Namun, ketika ada perbedaan yang tipis, ini ada indikasi pemulihan konsumsi,” ujar Bob seperti dikutip dari laman Republika.co.id, Minggu (2/4).

Bob merinci, konsumsi listrik pada kuartal I ini didominasi oleh segmen rumah tangga sebesar 27 Twh. Sedangkan dari sisi industri sebesar 19,02 TWh. Dari sisi bisnis sebesar 10 TWh dan sisanya dari segmen publik lainnya.

Bob juga menjelaskan dari sisi konsumsi rumah tangga kuartal pertama ini mengalami pertumbuhan 3,31 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Meski begitu, salah satu faktor belum memulihnya konsumsi listrik secara optimal karena dari sisi bisnis dan industri masih mengalami kontraksi.

Pos terkait