Keindahan Alam Berbalut Tradisi Leluhur dari Kuburan Londa Toraja

  • Whatsapp
Kuburan Londa Toraja
Kuburan Londa Toraja

TANA TORAJA menyimpan keindahan alam Indonesia terbalut tradisi leluhur yang masih kental yaitu Goa Londa. Goa Londa jadi tempat penyimpanan jenazah yang khusus bagi keturunan langsung leluhur Toraja. Goa ini terletak di perbatasan antara Makale dan Rantepao, tepatnya di sebuah desa kecil bernama Sandan Uai.

Saat memasuki area Goa Londa, akan disambut dengan kerbau Si Belang yang harganya bisa mencapai milyaran rupiah. Di Toraja, kerbau jenis ini disebut Tedong Saleko, kerbau dengan kasta tertinggi. Bagi masyarakat setempat, kerbau dianggap hewan suci yang mampu mengantarkan mereka ke alam lain yang disebut puya.

Bacaan Lainnya

Patung kayu berbentuk manusia atau yang disebut Tau-tau ialah simbol orang yang telah meninggal. Hanya dari kalangan bangsawan yang dibuatkan Tau-tau.

Proses pembuatan Tau-Tau tidak boleh dikerjakan oleh sembarang orang, selama proses pembuatan juga sang pembuatnya wajib mengerjakan dekat dengan jenazah. Melalui patung ini, hubungan yang terjalin tetap langgeng meski telah tiada.

Dalam Goa Londa banyak dijumpai peti mati atau yang disebut Erong. Peti ini terbuat dari kayu. Selain erong, dalam Goa Londa juga banyak dijumpai tengkorak dan tulang belulang akibat erong yang telah lapuk dimakan usia.

Tebing tinggi dengan hamparan hijau yang yang cantik ini merupakan tempat pemakaman jenazah. Pemakaman dilakukan berdasarkan kasta, anggota keluarga dengan kasta tertinggi akan menempati paling atas dari tebing. Dari proses pembuatan patung sampai pemakaman bisa menghabiskan dana berpuluh-puluh juta.***

Pos terkait