Lampaui Tuntutan Jaksa, Pinangki Divonis 10 Tahun Penjara

  • Whatsapp

Kabarsiana.com, JAKARTA – Alih-alih dapat hukuman yang lebih ringan, Pinangki harus terhenyak karena vonis yang dijatuhkan majelis hakim kepadanya justru semakin berat.

Oleh majelis hakim di PN Jakarta Pusat, Jaksa Pinangki Sirna Malasari divonis hukuman penjara 10 tahun terkait kasus pengurusan fatwa Mahkamah Agung (MA) untuk Joko Soegiarto Tjandra. Ketua Majelis Hakim PN Jakarta Pusat Ignatius Eko Purwanto mengatakan, Pinangki terbukti melakukan korupsi.

Bacaan Lainnya

“Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa tersebut oleh karena itu dengan pidana penjara selama 10 tahun dan denda sebesar Rp600 juta rupiah. Apabila Pinangki tidak mampu membayar denda tersebut, maka diganti dengan pidana kurungan selama 6 bulan,” ujar Eko seperti dilansir akun YouTube PN Jakarta Pusat, Senin (8/2).

Vonis ini, jauh lebih berat dari tuntutan JPU sebelumnya, dimana atas dugaan suap dan gratifikasi pengurusan fatwa Mahkamah Agung (MA) Djoko Tjandra, Jaksa Pinangki Sirna Malasari  dituntut 4 tahun penjara ditambah denda Rp500 juta, subsider 6 bulan kurungan.

“Tuntutan yang diajukan penuntut umum terlalu rendah. Sedangkan putusan dalam diri terdakwa ini, dianggap adil dan tidak bertentangan dengan rasa keadilan masyarakat,” tutur Eko.

Pos terkait