Mantan Komisioner KPU Evi Novida Menang PTUN

  • Whatsapp

Kabarsiana.com, JAKARTA – Mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Evi Novida Ginting Manik angkat bicara soal gugatannya yang telah dikabulkan oleh Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

Diketahui, PTUN dalam putusannya meminta pihak tergugat dalam hal ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencabut Keppres Nomor 34/P Tahun 2020 tentang pemberhentiannya sebagai Komisioner KPU RI.

Bacaan Lainnya

Evi membenarkan informasi tentang dikabulkan gugatannya itu didapatkan daei tim kuasa hukum. Dia pun berharap putusan tersebut bisa segera dijalankan oleh pihak tergugat dalam hal ini, Presiden Jokowi.

“Alhamdulillah ya dikabulkan seluruh permohonan. Saya berharap ammar putusan itu dijalankan,” kata Evi kepada wartawan, Kamis (23/7).

Tak hanya itu, Evi juga berharap agar PTUN juga bisa memberikan salinan putusannya. Menurutnya, salinan itu sangat penting didapatkan agar dia bisa menentukan langkah-langkah selanjutnya.

“Sehingga bisa melakukan langkah-langkah lebih lanjut untuk ke depannya,” ujarnya.

Sebelumnya, Pengadilan Tata Usaha Negeri (PTUN) mengabulkan gugatan mantan Komisioner KPU, Evi Novida Ginting terhadap Keppres Nomor 34/P Tahun 2020. Keppres itu merupakan tindak lanjut putusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) yang memberhentikan secara tidak hormat Evi Novida Ginting sebagai Komisioner KPU.

Dikutip dari sistem informasi penelusuran perkara (SIPP), PTUN mengabulkan penggugat untuk seluruhnya. Kemudian membatalkan Keppres tersebut.

“Mewajibkan tergugat untuk mencabut surat Keputusan Tergugat Nomor 34/P Tahun 2020,” tulis PTUN dalam SIPP. (*/aky)

Pos terkait