Masa Depan Papua Kian Cerah, Generasi Milenial Lebih Dominan

  • Whatsapp

Kabarsiana.com, JAYAPURA – Generasi muda yang selama ini identik dengan generasi penerus merupakan kelompok umur yang siap melanjutkan estafet kepemimpinan di negeri ini. Nah, dengan lebih banyaknya generasi muda dalam sebuah kelompok masyarakat, tentu pertumbuhan dan laju pembangunan akan semakin cepat lagi.

Hal ini menjadi perhatian di Bumi Cenderawasih Papua, dimana menurut Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua, mayoritas penduduk Papua saat ini didominasi kalangan milenial dan generasi Z. Ini didasari pada hasil sensus penduduk 2020 (SP2020).

Bacaan Lainnya

“Struktur penduduk dapat menjadi salah satu modal pembangunan ketika jumlah penduduk usia produktif sangat besar,” kata kepala BPS Provinsi Papua, Adriana Helena Carolina.

Dia mengatakan, generasi Z adalah penduduk yang lahir pada rentang waktu 1997 hingga 2021. Sehingga, perkiraan usianya kini sekitar 8-23 tahun.

Menurut Adriana, proporsi generasi milenial sebanyak 32,09 persen atau sekitar 1,37 juta dan generasi Z sebanyak 30,38 persen dari total populasi Papua atau sekitar 1,30 juta.

“Dari sudut pandang demografi, seluruh generasi milenial merupakan penduduk yang berada pada kelompok usia produktif,” ujarnya.

Sementara itu, generasi Z terdiri dari penduduk usia belum produktif dan produktif, yakni sekitar tujuh tahun lagi, generasi Z akan mencapai usia produktif.

Pos terkait