MES : Saatnya Membangun Ekonomi dari Masjid

  • Whatsapp

Kabarsiana.com, JAKARTA – Talk show seri keempat dalam rangkaian Serial Ramadhan Bersama MES (Masyarakat Ekonomi Syariah), kembali digelar Sabtu, (1/5). Kali ini di Masjid Istiqlal, Sawah Besar, Jakarta Pusat, talkshow secara hybrid.

Acara ini sekaligus menutup rangkaian Serial #RamadhanBersamaMES selama empat hari ke belakang. Talkshow kali ini mengangkat tema “Membangun Ekosistem Ekspor Halal UMKM Indonesia”.

Bacaan Lainnya

Menteri Investasi/Kepala BKPM RI Bahlil Lahadalia sebagai Keynote Speaker menceritakan sekilas perjalanannya dari masa remaja sebagai pengurus Masjid di kampung halaman. Pada kesempatan itu dia juga bercerita pengalamannya sebagai aktivis semasa kuliah. Dengan latar belakang tersebut, Wakil Ketua Umum 3 PP MES ini merasa dekat dengan pergerakan dari Masjid.

“Dalam perjalanannya, Rasulullah pun membangun agama Islam melalui pasar. Hari-hari ini, anak muda yang berada di OKP (organisasi kemasyarakatan pemuda) lebih banyak yang lebih ingin menjadi karyawan, PNS, dan politisi. Satu hal yang tertinggal adalah fokus terhadap ekonomi. Oleh sebab itu, anak muda harus mengubah mindset dan memperkokoh konsistensi,” ujarnya.

Bahlil juga menekankan bahwa bicara usaha tidak harus selalu berpatok pada modal. Sebaliknya, yang terpenting saat ini adalah gagasan terlebih dahulu. “Perlu ada kolaborasi antara yang memiliki gagasan dengan yang memiliki kapital,” tambahnya.

Pos terkait