Monumen Maung Polda Banten, Lebih Cerah dengan Nuansa Putih

  • Whatsapp

Oleh:
Suryadi, (Wasekjen Lembaga Kebudayan Nasional/LKN) dan
Edy Sumardi Priadinata

ADA yang tak biasa yang tampak dari tampilan sesosok lebih putih cerah bermakna simbolik filosofis bertengger di atas tulisan “Kepolisian Republik Indonesia, Daerah Banten” mulai Minggu pagi ini (2/5).

Bacaan Lainnya

Tanpa seremoni, hadir dalam suasana santai, Kapolda Banten Irjen Pol. Dr. Rudy Heriyanto Adi Nugroho yang datang tanpa uniform Polri, seperti halnya sejumlah pejabat utama Polda Banten, termasuk Kabid Humas Kombes Pol Edy Sumardi Priadinata. monumen “Maung Putih” yang lama, perlahan diturunkan.

Sebentar saja, di tangan para pekerja cekatan serta perupa (pemahat) Bambang Supriyanto, hanya sekitar 30 menit monumen baru “Maung Putih” baru seberat 200 kg dan panjang empat meter itu, sudah menggantikan yang lama dengan posisi tegak tegas terpasang di tempatnya.

Monumen “Maung (macan) Putih” itu dipindahkan dari truck khusus yang mengangkutnya dari tempat pembuatannya di Panongan, Tangerang, Banten. Pengerjaannya selama 2,5 bulan oleh perupa asal Yogyakarta, Bambang Supriyanto.

Pembuatan patung “Maung Putih” ini murni diinisiasi oleh Irjen Rudy Heriyanto. Tidak banyak yang tahu bahwa patung itu ketika sedang dibuat.

Pos terkait