Myanmar Bergejolak, Aung San Suu Kyi dan Presiden Ditahan Militer

  • Whatsapp

Kabarsiana.com, YANGON – Myanmar yang biasanya senyap, tiba-tiba sontak menjadi pembicaraan setelah militer menangkap Presiden Myanmar Win Mynt, Aung San Suu Kyi dan tokoh senior lain dari Partai Liga Demokrasi. Mereka diringkus dalam penggerebekan yang dilakukan pada Senin (1/2) dini hari.

Juru bicara Liga Nasional untuk Demokrasi mengatakan, penahanan terhadap Suu Kyi dilakukan setelah ketegangan antara pemerintah sipil dan militer meningkat dalam beberapa hari terakhir. Hali itu memicu ketakutan terjadinya kudeta setelah militer berulang kali menuding adanya kecurangan dalam pemilihan umum November lalu.

Bacaan Lainnya

Juru bicara Myu Nyunt seperti dikutip dari Reuters mengatakan, Suu Kyi, Presiden Win Myint dan para pemimpin lainnya telah ditahan pada dini hari. Nyunt mengatakan jika tidak menutup kemungkinan dirinya juga akan ikut ditahan.

“Saya ingin memberi tahu pendukung kami untuk tidak menanggapi dengan gegabah dan saya ingin mereka bertindak sesuai dengan hukum,” ujar Nyunt.

Sementara itu, militer Myanmar membenarkan penangkapan pemimpin Aung San Suu Kyi beserta para pejabat, Senin (1/2). Kendali pemerintahan pun kini diambil alih militer.

Stasiun televisi milik militer Myanmar melaporkan, penangkapan Aung San Suu Kyi serta pejabat pemerintah, termasuk Presiden Win Myint, serta pimpinan partai berkuasa Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) lain, dilakukan terkait kecurangan dalam pemilu.

Pos terkait