Nestapa Syam Permana, Nasibnya Tak Sebagus Tembang Ciptaannya

  • Whatsapp
Nestapa Syam Permana

Kabarsiana.com, JAKARTA  – Tak selamanya karya yang kita hasilkan akan membuat kita senang, kadangkali saat hasil karya kita melambung, nasib kita justru menukik. Perumpamaan inilah yang cocok untuk menggambarkan kehidupan Syam Permana sekarang.

Siapa Syam Permana ? Mungkin generasi milenial banyak yang tidak tahu. Namun, bagi para pecinta musik dangdut, nama Syam Permana mungkin sudah tidak asing lagi. Namanya dikenal di era 80-an sebagai pencipta lagu dangdut handal.

Bacaan Lainnya

Lagu dangdut karya Syam Permana banyak dinyanyikan pedangdut papan atas tanah air. Jumlahnya pun sudah mencapai puluhan.

Namun kehidupan Syam Permana kini berbeda. Meski lagu dangdut karyanya banyak bertebaran di youtube, namun tak sedikit pun dia menerima royalti. Syam kini bekerja serabutan.

Syam Permana banyak menciptakan lagu. Dia memperkirakan jika lagu ciptaan sudah mencapai 80.

“(Jumlah karya lagu yang diciptakan) ada 80-an,” katanya.

Karya Syam bukanlah lagu sembarangan. Buktinya, banyak lagunya yang dinyanyikan penyanyi terkenal. ‘Biarkan Ku Sendiri’ merupakan lagu pertama ciptaannya yang dinyanyikan Lulu Ervan.

Namun kondisi Syam Permana kini jauh berbeda. Dia kini bekerja serabutan.

“Kesibukan sekarang (kerja serabutan) kalau ada kita kerjain. Paling kalau ada kerjaan, ngangkut-ngangkut pasir atau kalau ada kayu bakar kita kirim ke pabrik tempe atau tahu. Nyari dulu kayu bakar ke bekas-bekas bangunan,” katanya.

Pos terkait