Nikmati Sensasi Rasa, Kolaborasi Cabe, Jengkol, Teri dan Santan di Sambalado Tanak

  • Whatsapp

ANDA tentunya tidak asing lagi dengar lagu berjudul “Sambalado” yang dinyanyikan artis Ayu Tingting. Sambalado, sambalado terasa pedas, terasa panas. Terlepas dari pesan yang ingin disampaikan, lirik dan judul lagu tersebut merujuk pada semacam sambal pelengkap yang sangat populer bagi masyarakat Minang.

Selain menu yang disiapkan untuk meladeni selera pedas, sambalado bagi masyarakat Minang juga merupakan sambal pelepas kangen.

Bacaan Lainnya

Bagi orang-orang tertentu, sambalado seringkali membangkitkan semangat atau memori mengenai pahitnya hidup di masa lalu, sehingga hidup harus diperjuangkan agar sukses.

Sambalado, pada masa dan kondisi tertentu merupakan sambal yang menggambarkan kesusahan hidup. Dia hadir di meja makan karena berbiaya murah namun tetap memberikan rasa nikmat di lidah orang Minang yang terkenal doyan pedas.

Selain sambalado berbahan dasar dominan cabe merah yang umum bagi masyarakat Minang, adalagi sambalado tanak yang citarasanya tak kalah nikmat untuk menemani makan anda bersama keluarga. Bedanya dengan sambalado biasa, sambalado tanak membutuhkan santan untuk mengolahnya.

Berikut resep atau cara membuat sambalado tanak, langsung dari ahlinya, Nidar (56 tahun), yang penulis wawancarai di rumahnya di kawasan Ulak Karang kota Padang, Sumatera Barat.

Resep sambalado tanak

Bahan:

1 kg jengkol/petai, direbus
1/2 kg teri/udang
2 butir kelapa, kemudian ambil santannya
2 butir air kelapa
4 buah asam kandis
Daun kunyit
Daun jeruk
Sereh dan memarkan
Garam
Bumbu yang dihaluskan :

1/2 kg cabe merah
Cabe rawit, secukupnya
7 siung bawang merah
2 siung bawang putih
3 ruas jari kunyit, jahe, dan lengkuas
Cara memasak:

Tumis bumbu halus hingga harum, masukan cabe giling, daun kunyit, sereh kemudian aduklah hingga wangi harumnya keluar.
Masukkan teri/ udang.
Masukkan santan dan air kelapa dan aduklah hingga rata.
Masukkan jengkol yang sudah direbus dan dipotong. Aduk terus jangan sampai pecah santan dan masaklah dengan api sedang hingga kering.
Jika sudah mengering, matikan kompor.
Sajikan sambalado tanak di meja makan anda. Sajikan!
Selamat mencoba.

Pos terkait